Cara Membuat Kotak Komentar Sederhana dengan PHP dan SQL

Cara Membuat Kotak Komentar Sederhana dengan PHP dan SQL

Latar Belakang Membuat Kotak Komentar

Tahun lalu saya pernah membuat kotak komentar sederhana dengan bermodalkan PHP dan SQL. Yah tentu saja sedikit dibuat bergaya dengan CSS. Saat itu saya sedang idealis-idealisnya, ingin membuat semua bagian website sendiri. Lalu saya mencari tau bagaimana cara membuat kotak komentar tersebut. Eh ternyata, mencari tutorialnya susah. Sudah mencarinya susah, memahami kode-kodenya lebih susah lagi. Tapi akhirnya jadi juga kotak komentar itu dan sempat saya gunakan selama beberapa waktu. 

Mekanisme Kotak Komentar

Kunci saya dalam membuat kotak komentar waktu itu adalah logika. Yup, logika bagaimana mekanisme dari si kotak komentar. Kira-kira begini mekanismenya:
“Data yang diisikan pada kotak komentar (misal berada pada halaman: contoh.php) dikirim ke database (MySQL)  dengan suatu perintah dari file php (php1). Dilanjutkan oleh perintah kembali ke halaman semula (contoh.php) dengan perintah file php yang sama. Kemudian kembali dihadapkan untuk melaksanakan file php yang lain (php2), yaitu perintah untuk mengambil data yang (pernah) diisi pada dan menampilkan pada halaman dimana kotak komentar tersebut berada (contoh.php).”

membuat kolom komentar dengan php mysql di xampp



Mudah bukan? Hehe.. kira-kira begitulah mekanismenya.

Cara Membuat Kotak Komentar dan Publikasi Komentarnya

Apa yang harus kita siapkan untuk membuat kotak komentar? Tentunya publikasi komentarnya juga ya. Hmmm.. jadi berdasarkan penjelasan mekanisme di atas maka kita perlu membuat:
  1. membuat database
  2. membuat kotak komentar pada file contoh.php
  3. membuat 2 file php
Proyek ini bisa kamu kerjakan di localhost atau langsung di hosting. Dua-duanya akan saya jelaskan deh. Untuk localhost saya pakai XAMPP. Jika kamu belum meng-install-nya, ambil dulu ya di ApacheFriends. Untuk text editor langkah 2 dan 3, kamu bisa gunakan notepad++ (gratisan).
Penjabaran masing-masingnya sebagai berikut. ;)

Membuat Database

Dalam membuat database, kamu perlu bermain-main dengan SQL. Sebenarnya tidak hanya “membuat database” pastinya (masa dibiarkan kosong), tapi juga membuat table yang nanti digunakan untuk menyimpan data-data seperti nama, e-mail, website, n komentar.
Langkah 1: Membuat database baru, username, dan password
  • Hosting
Untuk membuat database baru, kamu masuk ke control panel -> phpmyadmin (atau MySQL Databases untuk yang pake Hawkhost). Isi nama database dan collation-nya. Lalu buat nama user baru berikut password-nya.  Catat juga alamat server yang kamu gunakan.
  • Localhost
Setelah mengaktifkan module “apache” dan “MySQL” pada XAMPP, kunjungi localhost/phpmyadmin dengan browser kesayanganmu. Buat database dengan nama dan collation yang sama dengan penjelasan hosting di atas. Untuk localhost, sudah ada default nama user= root, hostname= localhost, dengan password kosong, jadi tidak perlu dibuat lagi.
Langkah 2: Membuat table
Baik pada hosting atau localhost, buat table baru pada database yang sudah dibuat dengan mengisikan data di bawah ini:


CREATE TABLE `comment` (
`id` int(3) NOT NULL auto_increment,
`nama` varchar(30) NOT NULL default '',
`email` varchar(30) default NULL,
`website` varchar(50) default NULL,
`komentar` varchar(250) NOT NULL default '',
`date` datetime NOT NULL,
`art_id` int(3) NOT NULL,
`art_url` varchar(60) NOT NULL,
PRIMARY KEY `id` (`id`)
)


Kalau males, di uplot saja dengan disimpan dengan ekstensi .sql. Misalnya: comment.sql. :9
Ok, sekarang kamu sudah punya database beserta table-nya. Lanjut ke membuat kotak komentar tapi di tulisan part 2 ya. :)
Cara Membuat Kotak Komentar [Part 2]

Semoga bermanfaat n mohon maaf bila ada kekurangan.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

sdsadaaasa

dea kesumaputri mengatakan...

terima kasih, sangat bermanfaat buat saya

Unknown mengatakan...

terima kasih infonya

Korwilcam Dindik Purwojati mengatakan...

Mebantu sekali min👍

Posting Komentar